Sabtu, 01 Desember 2012

PROGAM TAHUNAN DAN PROGAM SEMESTER PAI


            Perencanaan atau rencana (planning) dewasa ini telah dikenal oleh hampir setiap orang. Kita mengenal rencana pembangunan, perencanaan pendidikan, perencanaan produksi suatu pabrik dalam bentuk target-target produksi. Bahkan kelurga pada waktu dulu dipandang sebagai sesuatu yang berjalan menurut “alam” sekarang direncanakan juga yang dikenal juga dengan sebutan keluarga berencana (family planning ). Dalam lingkup yang lebih luas perkembangan kebudayaan sesuatu masyarakat itu harus direncanakan, yang dikenal dengan sebutan perencanaan (planning) kebudayaan. Defenisi mengenai perencanaan memang diperlukan agar dalam uraian selanjutnya tidak terjadi kesimpangsiuran. Defenisi pada umumnya merupakan suatu pintu gerbang untuk memasuki pengertian-pengertian yang ada kaitannya dengan istilah yang dipakai, dalam hal ini perencanaan. Sudah sejak awal Pelita I istilah “Perencanaan Pendidikan” dipergunakan secara luas baik dikalangan pendididkan maupun diluar lingkungan pendidikan, namun belum pernah ditetapkan satu definisi secara resmi. Hingga kini perencanaan itu sendiri belum merupakan suatu disisplin ilmu tersendiri[1].

            Dalam kesempatan ini kami akan membahas pembuatan progam tahunan dan progam semester, dan kita ketahui dalam pembuatannya memerlukan perencanaan yang sangat matang serta memperhatikan beberapa aspek yang mempengaruhinya. Oleh karena itu kami tidak sekedar menampilkan progam tahunan dan semester dari suatu sekolah saja, tapi kami juga akan membahas berbagai hal yang perlu di perhtikan dalam pembuatan progam tahunan dan semester. Sehingga nantinya makalah ini dapat dimanfaatkan untuk pembutan progam tersebut.       

  1. Pengertian Program Tahunan
Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikemgankan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni program semester, program mingguan dan harian serta pembuatan semester, program mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan system penilaian. Komponen program semester meliputi: identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran), standar kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.
  1. Pengertian Program Semester
Program semester berisikan garis-garis mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Pada umumnya program semester ini berisikan tentang identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, semester, tahun pelajaran), bulan,. Standar kompetensi dan materi pokok yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan dan keterangan-keterangan[2].

1.      Perencanaan harus bersifat komprehensif.
2.      Perencanaan pendidikan harus bersifat integral.
3.      Perencanaan Pendidikan harus memperhatikan aspek-aspek kualitatif dan kuantitatif.
4.      Perencanaan Pendidikan harus merupakan rencana jangka panjang dan kontinyu.
5.      Perencanaan Pendidikan harus didasari efisiensi.
6.      Perencanaan Pendidikan harus dibantu oleh organisasi administrasi yang efisien dan data yang dapat diandalkan.
7.      Perencanaan Pendidikan harus memperhitungkan semua sumber-sumber yang ada atau yang dapat diandalkan[3].

1.      Kurikulum
      Dalam perencanaan atau penyusunan suatu progam pelajaran, hal pertama yang perlu mendapat perhatian adalah kurikulum terutama yang berkaitan dengan tujuan kirikuler, tujuan instruksional, pokok bahasan serta jam pelajaran.
2.      Kondisi Sekolah
      Perencanaan progam pengajaran juga perlu memperhatikan keadaan sekolah, terutama tersedianya sarana-prasarana dan alat bantu pelajaran.
      Dalam penyusunan atau merencanakan progam pengajaran komponen siswa juga perlu mendapat perhatian.
4.      Keadaan Guru
      Keadaan dan kemampuan guru sesungguhnya tidak perlu menjadi hal yang perlu diperhatikan, sebab guru dituntut memiliki kemampuan dalam segala hal yang berkenaan dengan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran[4].

  1. Analisis Terhadap Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah suatu daftar tanggal berdasarkan perhitungan tahun masehi selama satu tahun yang di dalamnya memuat tentang permulaan dan akhir tahun pelajaran hari-hari efektif belajar dan pelaksanaan kegiatan belajar, evaluasi belajar serta hari-hari libur dan tidak efektif belajar.
Dalam penyusunan kalender pendidikan selama satu tahun pelajaran mengacu pada efisiensi, efektivitas dan hak-hak peserta didik. Dalam kalender pendidikan dapat kita lihat berapa jam waktu efektif yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran, termasuk waktu libur dan lain-lain.
Kalender pendidikan dibuat oleh instansi yang terkait seperti Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama, Dinas Pendidikan Provinsi atau Kanwil Departemen agama untuk dipedomani dan dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan tidak mengesampingkan adanya modifikasi oleh pihak sekolah dalam batas-batas tertentu.
Kalender pendidikan perlu disusundan dibuat untuk dilaksanakan, karena memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
a. Mendorong efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran di Sekolah/Madrasah.
b.Menyerasikan ketentuan mengenai hari efektif dan hari libur sekolah/madrasah.
c. Pedoman dalam menyusun program kegiatan pembelajaran di Sekolah.
d.                  Pedoman bagi guru untuk menyusun program tahunan, program semester serta membuat silabus dan satuan acara pembelajaran.
Beberapa komponen kalender pendidikan yang harus diperhatikan dalam pembutan progam tahunan dan semester yatu:
a. Permulaan dan Akhir Tahun Pelajaran
1)      Peneriman siswa Baru
      Penerimaan siswa baru untujk sekolah-sekolah negeri biasanya dilakukan antara bulan mei sampai bulan juli setiap tahun, sedangkan untuk sekolah swasta disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dengan tetap mengingat dan berpatokan pada batas akhir penerimaan siswa baru.
2)      Kegiatan hari-hari Pertama masuk Sekolah
      Kegiatan hari pertama masuk sekolah dilaksanakan pada hari senin pertengahan bulan Juli. Pada hari-hari pertama masuk kegiatan pembelajaran untuk mereka yang naik kelas proses belajar mengajar berjalan seperti biasanya, sedangkan untuk siswa baru di SMP/MTs dan SMA/MA diadakan kegiatan orientasi bagi siswa baru yang dipandu oleh dewan guru dan dibantu oleh OSIS yang dilaksanakna selama tiga hari atau lebih, atau untuk sekolah model dan sekolah unggulan kegiatan orientasi bisa dilaksanakan sebelum hari pertama masuk kegiatan belajar efektif dilaksanakan.
3)      Kegiatan Belajar Mengajar
      Kegiatan Belajar mengajar dilaksanakan pada hari senin pertengahan bulan Juli disesuaikan dengan tahun akademik berjalan. Sebelum permulaan tahun pelajaran Kepala Madrasah dan guru berkewajiban.
b)      Kepala Sekolah/kepala madrasah
Ø  Membuat Kalender pendidikan Sekolah/Madrasah
Ø  membuat program tahunan, program semester, program caturwulan, program bulanan dan program mingguan.
Ø  membuat Rencana AnggaranPendapatan dan Belanja skolah/Madrasah (RAPBS/RAPBM).
Ø  Membuat Program kegiatan belajar mengajar
Ø  Membuat Program supervise
Ø  dan sebagainya
c)      Guru
Ø  Membuat program tahunan, program semester, program caturwulan, program bulanan dan program mingguan dan program harian atau silabus.
Ø  Membuat analisis mata pelajaran (AMP)
Ø  Membuat silabus dan system penilaian
Ø  Membuat program remedial dan pengayaan
Ø  Membuat perencanaan dan alokasi waktu program kegiaan ekstrakurikuler dan pengayaan
Ø  Alokasi untuk kegiatan lainnya
Ø  Rencana biaya yang diperlukan untuk mengoptimalkan KBM selama satu tahun pelajaran.
4)      Ulangan Umum Semester
Ulangan umum semester merupakan ulangan yang sifatnya formatif yang bertujuan untuk mengeahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran selama satu semester dengan melakukan tes terhadap penguasaan kompetensi-kompetensi dasar yang terdapat dalam standar kompetensi permata pelajaran perjenjang kelas dan jenjang pendidikan.
5)      Ujian Akhir Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional
Dalam Kalender pendidikan ditentukan perkiraan di tentukan perkiraan pelaksanaan Ujian Akhir sekolah/Madrasah (UAS/UAM) kegiatan ini berlangsung mulai dari mingu ke 3 (tiga) bulan April yang diawali dengan Ujian praktek dan dilanjutkan pada minggu ke 4 (empat) bulan april dengan Ujian akhir sekolah/madrasah tetulis. Sedangkan pelaksanaan Ujian Nasional dilaksanakan pada minggu ke 2 (dua) bulan Mei. Waktu pelaksanaan dan teknik kegiatan menunggu edaran Kantor wilayah untuk Madraah dan Dinas Pendidikan Propinsi atau kabupaten/kota untuk Sekolah.
6)      Pembagian Buku Laporan pribadi dan buku Rapor
Pembagian buku laporan penilaian pribadi dan buku rapor dilaksanakan pada minggu rakhir bulan desember ataunminggu pertama januari untuk semester ganjil dan pada minggu terakhir bulan Juni atau minggu pertama bulan juli untuk semester genap.
7)      Penyerahan surat Tanda Tamat belajar (STTB)
Penyerahan surat Tanda Tamat belajar (STTB) sebagi bukti bahwa siswa telah menyelesaikan studiny di sekolah dilaksanakan dua minggu setelah pengumuman kelulusan hasil ujian yang disertai dengan pemberian surat keterangan Hasil Ujian yang membuat daftar nilai hasil ujian siswa.
b.Hari efektif belajar
Hari efektif belajar adalah hari yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran setelah dikurangi hari libur dan hari yang digunakan untuk pelaksanakan ulangan semester maupun hari yang digunakan untuk pelaksanaan ujian sekolah/madrasah maupun Ujian nasional, serta hari untuk memeriksa hasil ulangan dan pengisian buku rapor.
c. hari-hari libur sekolah
Hari libur adalah hari tidak dilaksanakannnya kegiatan belajar di sekolah yang terbagi kepada hari libur semester, hari libur khusus dan hari libur umum.
1) Libur semester, libur semester terdiri dari semester semester ganjil dan semester genap dan lamanya 12 hari kerja (belajar efektif)
2) Libur khusus, libur khusus untuk sekolah/madrasah adalah libur dari kegiatan belajar efktif yang dilaksanakan berkaitan dengan peristiwa keagamaan atau lainnya dan kegiatan tertentu di sekolah seperti: libur bulan ramadhan, libur berkaitan dengan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah dan ujian Nasional dan libur idul fitri.
3) Libur umum, libur umum di sekolah adalah libur yang juga berlaku bagi masyarakat umum yang bekerja dan libur umum yang diberlakukan di sekolah atau madrasah seperti: tahun baru masehi, tahun baru Hijriah, hari Nyepi (tahun baru Saka), hari raya Waisak, hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, hari Natal, Wafat Isa al-Masih, hari Proklamasi Kemerdekaan RI dan cuti bersama[5].
            Di bawah ini akan kami lampirkan contoh kalender pendidikan, progam tahunan, progam pengajaran, dan progam semester yang ada di MAN 2 Model Banjarmasin tahun ajaran 2008/2009, mata pelajaran Qur’an Hadits pada kelas X.


Satuan Pendidikan                      : MAN 2 Model Banjarmasin
Mata Pelajaran                            : Qur’an Hadits
Kelas                                             : X
Tahun Pelajaran                         : 2008/2009

Semt.
Jenis Kegiatan
Alokasi
Waktu
Ket
X/I
1.Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
6


2.memahami isi pokok ajaran al-qur’an
4


3.Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan
4


4.Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
2


5.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah dibumi
6


6.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
2


7.Ulangan bulanan dan perbaikan
8






           Jumlah alokasi waktu
32




X/II
1.Memahami istilah-istilah Hadits
6


2.Memahami sanad dan matan hadits
4


3.Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
6


4.Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
4


5.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
10






Jumlah Alokasi Waktu
30



                                         






Mengetahui,
Kepala MAN 2 Model Banjarmasin



Drs. H. Abdurrachman, M.Pd
NIP. 150273997
                       

Banjarmasin,    Juli 2008


Guru Mata Pelajaran



Dra. Marfu’ah
NIP. 150227532





Satuan Pendidikan                      : MAN 2 Model Banjarmasin
Mata Pelajaran                            : Qur’an Hadits
Kelas                                             : X
Tahun Pelajaran                         : 2008/2009

 I.      PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
A.     Banyaknya Minggu dalam Semester Genap
NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
1.
Januari
3 Minggu
2.
Februari
4 Minggu
3.
Maret
4 Minggu
4.
April
5 Minggu
5.
Mei
4 Minggu
6.
Juni
4 Minggu
Jumlah
24 Minggu

B.     Minggu Tidak Efektif
1.      Libur Semester                                                               : 1 Minggu
2.      Persiapan Ujian Nasional dan Ujian Nasional               : 1 Minggu
3.      Ujian Akhir Sekolah dan Ulangan Perbaikan ,
4.      serta rapat kenaikan kelas                                              : 4 Minggu
5.      Pembagian Rapot dan Libur Semester                           : 2 Minggu
 

Jumlah                                                                               : 8 Minggu
C.    Minggu Efektif:
1.      Banyak Jam Pelajaran                            : 24 Minggu – 8 Minggu = 16 Minggu
2.      Banyak Jam Efektif                               : 16 Minggu x 2 jam Pelajaran = 32 jam
  (1 Jam Pelajaran = 45 Menit)
          II.      DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
NO
POKOK BAHASAN
ALOKASI WAKTU
1
2
3
4

5

Memahami istilah-istilah Hadits
Memahami sanad dan matan hadits
Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah
6
4
6
4

10
Jumlah
30






Mengetahui,
Kepala MAN 2 Model Banjarmasin


Drs. H. Abdurrachman, M.Pd
NIP. 150273997
Banjarmasin,    Juli 2008

Guru Mata Pelajaran


Dra. Marfu’ah
NIP. 150227532



Mata Pelajaran          : Qur’an Hadits                                             Kelas   : X
Satuan Pendidikan    : MAN 2 Model Banjarmasin                      Tapel  : 2008/2009


No
KD
Pokok Bahasan /
 Sub Pokok Bahasan

Alokasi
Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
1
Memahami istilah-istilah hadits
6





















a. Pengertian hadits, sunnah, khabar, atsar, dan hadits qudsi

2


2



















b.Membandingkan pengertian hadits, sunnah, khabar, atsar, dan hadits qudsi



2


















2
Memahami sanad dan matan hadits
4





















a. Pengertian sanad dan matan




2

















b.Menerapkan pengertian sanad dan matan





2
















Ulangan harian I
2





2















3
Mendiskripsikan fungsi hadits terhadap Al-Qur’an
6





















a. Fungsi hadits terhadap Al-Quran







2
2













b.Menunjukkan contoh fungsi haditsterhadap Al-Quran









2












4
Pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitas
4





















a. Pembagian hadits dari segi kuantitas










2











b.Pembagian hadits dari segi kualitasnya











2










Ulangan harian II
2











2









No
KD
Pokok Bahasan/
Sub Pokok Bahasan
Alokasi
Waktu
Bulan
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
5
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
10





















a. QS. Al-An’am: 162-163













2
2







b. QS. Al-Bayyinah:5















2






c. Hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
















2
2




Ulangan Harian II
2

















2




Jumlah
36
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2









Mengetahui,
Kepala MAN 2 Model Banjarmasin


Drs. H. Abdurrachman
NIP. 150273997



Banjarmasin,        Juli 2008

Guru Mata Pelajaran


Dra. Marfu’ah
NIP. 150227532






F. Penutup

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu dipersiapkan dan dikemgankan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni program semester, program mingguan dan harian serta pembuatan semester, program mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan system penilaian.
Program semester berisikan garis-garis mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan
Beberapa prinsip-prinsip perencanaan pendidikan yaitu:
1.      Perencanaan harus bersifat komprehensif.
2.      Perencanaan pendidikan harus bersifat integral.
3.      Perencanaan Pendidikan harus memperhatikan aspek-aspek kualitatif dan kuantitatif.
4.      Perencanaan Pendidikan harus merupakan rencana jangka panjang dan kontinyu.
5.      Perencanaan Pendidikan harus didasari efisiensi.
6.      Perencanaan Pendidikan harus dibantu oleh organisasi administrasi yang efisien dan data yang dapat diandalkan.
7.      Perencanaan Pendidikan harus memperhitungkan semua sumber-sumber yang ada atau yang dapat diandalkan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan progam tahunan dan progam semester yaitu, kurikulum, kondisi sekolah, kemampuan dan perkembangan siswa, serta keadaan guru.

 Drs. Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
.                                                           PerencanaanSistem Pemgajaran PAI.                                                                                 
Drs. H. M. Djumberansyah Indar M.Ed. 1995. PerencanaanPendidikan Strategi dan Implementasinya. Karya Abditama. Surabaya.
R. Ibrahim & Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta.































[1] Drs. Harjanto, Perencanaan Pengajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2005, hal.1
[2]                                                               , Perencanaan Sistem Pemgajaran PAI,                                                                                                         , hal. 158-159
[3] Drs. H. M. Djumberansyah Indar M.Ed, Perencanaan Pendidikan Strategi dan Implementasinya, Karya Abditama, Surabaya, 1995, hal. 12-15
[4] R. Ibrahim & Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2003, hal. 63-65
[5]                                                               , Op. Cit., hal. 159-164

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana cara dow data y

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes